Syair para Sufi

by Admin on 04:08 AM, 30-Jun-09

Pada suatu malam, karena tak dapat tidur,

aku teringat bahwa aku mendengar

kupu-kupu bicara kepada lilin.

Aku cinta padamu,

dan aku mengerti bahwa aku akan binasa.

Akan tetapi Engkau,

mengapa gemetar dan mengapa membakar?

Lilin menjawab:

pecinta yang menertawakan Madu,

teman saya yang manis telah terpisah dariku.

Semenjak rasa manisnya jauh dariku,

seperti Farhad, pecinta yang terbunuh, api membakar diriku.

Ketika lilin bicara,

rasa sedih dari tangis-tangisan

tersebar di mukanya yang pucat.

Lilin berkata padaku:

engkau hanya pura-pura,

engkau tidak tahu apakah cinta itu.

Engkau tidak tahu menderita

dan tak tahu menyelamatkan diri,

karena dengan menyentuh api sedikit saja engkau lari.

Adapun aku, aku tetap, agar dimakan api.

Jika api cinta membakar sedikit dari sayapmu,

kamu harus berani membiarkannya terbakar seluruhnya.

Dan ketika malam belum menghabiskan saatnya.

Seorang wanita mendadak mematikan lilin itu.

Ketika lilin itu mengeluarkan asap ke atas,

wanita itu berkata:

ini adalah hukum cinta yang tak dapat dirubah, oh anakku.

Inilah rahasia itu, jika engkau ingin mengetahuinya.

Dari api cinta tak seorang pun dapat selamat, kecuali dengan mati.

Le Jardin des Roses - Saadi (1184-1291)


Syair di atas ditulis berdasarkan pengalaman spiritual seseorang yang telah mencapai maqom tinggi di sisi-Nya. Karena itu, syair tersebut tak dapat dimengerti oleh orang awam. Perhatikanlah siapa yang diperankan oleh kupu-kupu dan lilin? Itu adalah perumpamaan antara manusia dengan Tuhannya.

Adakah diantara para pembaca yang pernah diberitahu oleh guru kalian tentang syair sufi tersebut? Mohon jelaskan kepada saya tentang seluk-beluk dan artinya.

.......................................


Sebuah kata bijak lain pernah saya baca:

Jangan terlalu banyak bermimpi, Sukab. Cinta adalah soal yang sudah biasa menjadi pelik. Namun, ia juga bisa menjadi begitu sederhana bila engkau mau belajar hidup dengan apa adanya.


Cinta itu terasa menjadi masalah utama saat kita menempatkannya pada prioritas hidup. Namun, bila ditempatkan pada tempat yang sewajarnya, yaitu sebagai pelengkap pernak-pernik kehidupan dunia, maka cinta terasa sebagai hal yang sederhana dan mudah dimengerti.

.......................................

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

51 responses to "Syair para Sufi"

SYazA [06:39 AM, 30-Jun-09]

Ya qm benar,
ap krn q msh muda n men9anggp cint tU adlh sbuah kezeriusan...
G tau ah

Admin [06:58 AM, 30-Jun-09]

Baru mau ngasih tau posting terbaru malah udah tau duluan.

SYazA [12:34 PM, 30-Jun-09]

Kok jd'y smua blog pd n90m0n9n cinta...
K0k qm g cmMnT diblog aq byr rme...

SYazA [12:38 PM, 30-Jun-09]

Kok jd'y smua blog pd n90m0n9n cinta...
K0k qm g cmMnT diblog aq byr rme...

Muizz [01:41 PM, 30-Jun-09]

Kalimat trakhr... Gr8...
ap gr2 it y q jd lum tw cnta

Muizz [01:43 PM, 30-Jun-09]

Kak, gmana sich biar menu nav.nya bisa d bwahx (spti d enter th kak) punya k2k kn gmbrx n tlsan bs lgsg d bwhx g d smpgx. Mkch

Admin Makna Hidup [02:58 PM, 30-Jun-09]

Itu pake paragraf baru. Browser otomatis menempatkan paragraf baru pada baris baru. Gunakan alignment untuk membuat paragraf di Navigasi. Kamu juga udah tau kodenya? Misalnya: [.]center[.] [.]left[.] [.]right[.]

Perdana [04:20 PM, 30-Jun-09]

Themesx mantap banget bos, tadi waktu masuk kesini, sy pikir lagi nyasar. Soalx beda skali sm themes kemarin

Muizz [04:29 PM, 30-Jun-09]

Oh... gitu, yupz... trims banget k

Admin Makna Hidup [06:34 PM, 30-Jun-09]

Themenya masih raba2 warna. Maklum, bukan web designer.

SYazA [07:24 PM, 01-Jul-09]

Huh>_<
stiap x dtny g p'nh dijwb

kaito-kit [03:41 PM, 02-Jul-09]

Sebenarnya filsuf ini hanya mencoba mengerti pemaknaan arti cnta sjati d dalam hidup manusia. Cinta yang membara membakar bagai api dan indah bak kupu2.
Namun d atas i2,apabila kita tak berhati2 maka cinta yg indah layak kupu2 akan terbakar oleh api cnta yg membara layak lilin.
'jika api cinta membakarmu,kamu harus berani membiarkannya terbakar seluruhnya'
adalah pemaknaan dari hilangnya keindahan cinta dan pengorbanan rasa sakit yang mendalam dalam hati.
'wanita mematikan lilin n berkata inilah hukum cinta tak seorang pun dpt selamat kecuali dg mati'
(cinta i2 akan silih berganti datang dan pergi padam n menyala tanpa kita ingini.rasa sakit kehilangan,rasa indah yg membuaikan.hanya akhir hidup penghujung waktu yg tak terjamah oleh cinta Dunia.namun cinta sjati kpd-Nya kan tetap Abadi.karna i2lah makna cinta sjati.cinta kpd-Nya

kaito-kit [03:45 PM, 02-Jul-09]

Oy,jgan lupa kasi coment u ya kak. Tentukan pilihanmu. Siapa president Indonesia utk 5th mendatang ? Serukan inspirasi kakak via coment dalam blog gw. @ http://kaito-kit.mywapblog.com
oy,bgi theme nya kax....

Admin Makna Hidup [04:35 PM, 02-Jul-09]

Thanx boss, dpt darimana penjelasan itu? Kalau aku dapat syair itu dari buku terjemahan: "Janji-janji Islam" karya Roger Geraudy

Beatiful Thinking! [03:22 AM, 07-Aug-09]

Super-Duper site! I am loving it!! Will come back again - taking you feeds also, Thanks.

My name is Benicgne Extenze Rogas [01:49 PM, 15-Aug-09]

Wow! what an idea ! What a concept ! Beautiful .. Amazing …

Admin [03:15 PM, 15-Aug-09]

Wah, jadi bingung... apa orang bule pada ngarti bahasa indonesia yah?
-
Do you both can understand indonesian language?

vigrx plus [02:40 AM, 08-Oct-09]

Keep working ,great job!

Hello [06:13 PM, 12-Nov-09]

This brings back to mind something my grandmother would always say...
Obviously its probably not appropriate right this moment...

Rizk@Hyaku [09:56 AM, 05-Dec-09]

0ce lah..
Q suju,
Apabila Cinta dijadikan seba9ai prioritaz akan dapat menghancurkan hal læn yan9 teramat san9at lebih pentin9...
So,LOVE d0n't number 0NE

adon [11:14 PM, 18-Dec-09]

Bner buanget....cinta it sbenare ga rmit sperti yg lain fkirkan...!

I think . . . [02:21 PM, 12-Jan-10]


thanks !! very helpful post!

rH3uYcBX

Arma [05:06 PM, 12-Apr-10]


Hai sobat
Kematian adalah step yang pertama



h,,,,,,,,, [05:16 PM, 12-Apr-10]

Hai sobat
Carilah Guru Murshit karena itu step yang pertama
Dan melihat diri dan kematian adalah step berikutnya
Mati......
Siapa yang mati....




Laduni [06:38 AM, 20-May-10]

Yg mati itu hnyalh jasad qta.....
Sdgkn nywa akn tetap hdup....

wisesa [12:30 PM, 09-Dec-10]

lebih bisa dipahami saat kau trdiam meresapi maknanya...dan carilah guru mursid yg haq untuk menuntun cintamu padaNya...
karna syair tu adalah menceritakan sebuah perjalanan para saliQ....jika bertemu guru Mursyid dan mulai berguru padanya kau akan jauh lebih dari sekedar paham...

Wiro sableng [12:53 AM, 23-Dec-10]

Hehehehe....mantap....

trokol [03:05 PM, 06-Jan-11]

heheehehe>.....cinta bikin ruyem,,lg

Good Info [01:26 PM, 11-Jan-11]

I’ve been visiting your blog for a while now and I always find a gem in your new posts. Thanks for sharing.

Saiful [02:43 AM, 15-Feb-11]

Coxriek

Saiful [02:43 AM, 15-Feb-11]

Coxriek

zzz [08:53 AM, 10-Mar-11]

suluknya sederhana..
tp Suluk padaNya luar biasa..

aditya [01:32 PM, 20-May-11]

mantaffffffffff

aditya [01:34 PM, 20-May-11]

bagaimana kamu tau gula itu rasanya manis kalo kamu belum pernah merasakan nya......

XYZ [12:48 PM, 21-May-11]

Tidak perlu merasakan untuk mengetahuinya. Bisa kita pakai akal atau informasi dari orang jujur yang sudah merasakannya

Rmd [04:07 PM, 21-Jun-11]

Kupu2...lilin....seorang wanita...adalah suatu amsal untuk bertemu "sang kekasih", jika ingin merasakan cinta yg sesungguhnya. "mati" bukanlah matinya jasad = tubuh, tetapi matikanlah rasa "tahumu agar berganti dengan rasa tahuNYA";"mati = "tinggalkan dunia", karena semua yg ada di DUNIA selalu berpasangan : senang-sedih, kaya miskin, dicintai-disakiti; maka "tinggalkan lah dunia dari perasaan rasa tahumu"....

Angeseessok [09:13 AM, 25-Jul-11]

I just book marked your blog on Digg and StumbleUpon.I enjoy reading your commentaries.

opo ae [01:14 AM, 21-Aug-11]

jadi lah orang yg ahli zhikir..!!!

Samudra [01:23 AM, 21-Aug-11]

qholwat aja d jalan ciliwung 61. MALANG...Biar tau apa yg patas kita CINTAI....! MenCintai Tuhannya tu gk gmpang!

yancolielie [11:21 PM, 13-Sep-11]

ingatlah akan matimu dan bangunlah dari tidur panjangmu

yan colielie, senduro . [11:28 PM, 13-Sep-11]

jangan silau oleh indahnya dunia, sesunguhnya semua i2 hanyalah mmpi, tipuan ato Fatamorgana.

Er@g0n [02:59 AM, 30-Sep-11]

Kita harus mengalami kematian baru tau artinya hidup.. klogk salah bgt..

Callim Makalalaq [08:24 PM, 24-Oct-11]

Semua hanya tuk mengungkapkan Rasanya AKU MENCINTAI MU,

Bahasa bersayap

Callim Makalalaq [08:28 PM, 24-Oct-11]

Matilah sebelum mati,,
Hiduplah sebelum hidup,,

kita tak mungkin mampu berbicara walau sedang berbicara...

agus [04:29 PM, 22-Jan-12]

kmu g ush pngen ngrti cnta,tp jdilah cnta itu sndri,nisccya hkekt cnta akn ad pdamu..sbgaimna kamu jgn ikuti nurani(hati kecil yg sllu mmberi bsikn baik),,tpi larutlah n mnjelmalah jd nurani itu sndri,,,,niscya kau jd insan kaaamil....085755058638

singo edane [11:49 AM, 31-Jan-12]

setiap yg mencintai akan dapat balasan cinta juga dr yg kuasa,brani hidup brani berjuang brani berjuang brani berkorban,sm dgn cinta,brani mencintai,brani berjuang n berkoarban

Hamba Allah [10:07 PM, 26-Feb-12]

minta izin share

?? [12:17 PM, 17-May-12]

disaat kau menjawab dan menanyakan cinta disaat itu kau tak paham akan cinta itu

Asyn syn [11:09 AM, 22-Jun-12]

Maknanya luar biasa...seperti perumpamaan hancurnya gunung di depan nabi musa ..tempat rencana tuhan menampakkn diri atas permintaan nabi musa,kupu kupu ibarat kedunian ..lilin ibarat manusia yg ikhlas...demi api utk menyala dia bersedia walaupun akan habis...dan yg diinginkan si liloin adalah habis ludes..tpm sering kali kenyataan lain masih separu sdh hilang apinya...

Bing [09:57 PM, 06-Sep-12]

Mati bukanlah wafat, mati bukanlah akhir dri khdupan ini tetapi awl dr khidupan yg sbnarx, mati..satu2x pintu utk brjumpa dgx.

syauqi lahu [10:23 AM, 24-Dec-12]

mf ingin kut comment...

kebanyakan manusia mengaku cinta pd Tuhannya tp tak mau berkorban menuju jln tersebut karena ketakutan akan kesakitan/kesusahan terjadi pada dirinya, padahal cinta Tuhannya akan bisa dia raih dari kesakitan itu. jika ingin dpt cinta dr-Nya maka tempuhlah jln kesakitan (perintah) Tuhanmu. maka kesembuhan (kebahagiaan) itu didapat setelah sakit. setelah kesakitan di dunia akan bisa kamu peroleh kesembuhan setelah mati (akhirat).

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images